-->

Menganalisa Masalah Masalah Sosial di Masyarakat


   Negara Indonesia merupakan negara berkembang yang juga termasuk negara yang memiliki kepadatan penduduk tertinggi di dunia dengan jumlah penduduk Indonesia pada tahun 2010 adalah sebanyak 237.641.326 jiwa, disamping itu dengan tingginya populasi penduduk di Indonesia maka secara otomatis penduduk di indonesia tidak terlepas dari beragam masalah masalah sosial yang ada di masyarakat. Kali ini saya akan membahas mengenai masalah masalah sosial dimasyarakat.

  Menurut Lesli, masalah sosial  adalah suatu kondisi yang berpengaruh terhadap kehidupan sebagai besar warga masyarakat sebagai sesuatu yang tidak diinginkan dan karenanya perlu tindakan untuk mengatasi atau memperbaikinya. Sedangkan menurut Soetomo, pengertian masalah sosial ialah suatu kondisi yang tidak diinginkan terjadi oleh sebagian besar dari warga masyarakat. 

Beberapa contoh masalah sosial di masyarakat antara lain :

1. Kemiskinan 




  Kemiskinan yaitu suatu keadaan yang dimana terjadi ketidakmampuan untuk dapat memenuhi kebutuhan dasar di dalam kehidupannya, terutama di negara berkembang seperti di Indonesia  diantaranya seperti: sandang, pangan dan papan. Kemiskinan bukan hanya terjadi di daerah-daerah plosok saja akan tetapi dapat terjadi juga di daerah perkotaan. 

  Bahkan Badan Pusat Statistik (BPS) pada periode September 2014 jumlah penduduk miskin masih sekitar 27,73 jiwaatau 10,96% dari penduduk Indonesia. Dibanding September 2015 jumlah penduduk miskin meningkat 780 ribu jiwa

Penyebab kemiskinan diantara lain :
1. Laju pertambahan penduduk yang begitu pesat
2. Tingkat pendidikan yang rendah
3. Kurangnya perhatian dari pemerintah
4. Pengangguran
5. Terbatasnya lapangan pekerjaan

Adapun cara untuk menanggulangi kemiskinan yang terjadi saat ini yaitu :
1. Pemberdayaan masyarakat
2. Pembangunan yang merata
3. Memberikan lapangan pekerjaan

2. Pengangguran
   


  Pengangguran atau Tuna karya adalah istilah untuk orang yang tidak bekerja sama sekali , sedang mencari kerja, bekerja selama kurang dari 2 hari selama seminggu atau seseorang yang sedang berusaha mendapatkan pekerjaan yang layak. Pengangguran juga merupakan salah satu contoh dari permasalahan sosial saat ini, meningkatnya jumlah pengagguran biasanya terjadi dikarenakan oleh jumlah populasi penduduk yang semakin meningkat sedangkan jumlah lapangan kerja yang tersedia saat ini masih terbatas atau masih sedikit.

  Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat tingkat pengangguran terbuka pada Februari 2016 mencapai 7,02 juta orang atau 5,5 persen. Namun jumlah pengangguran tersebut menurun bila dibandingkan dengan Februari 2015, yang mencapai 7,45 juta orang (5,81 persen). Hal ini harus segera mendapatkan perhatian dan segera di atasi oleh pemerintah dengan cara menyediakan lapangan kerja yang banyak agar jumlah pengangguran bisa semakin berkurang dan tetntunya masyarakat juga harus memiliki skill yang memadai agar bisa bersaing di luar sana.

3. Masalah Pada Pendidikan
 


  Kurangnya pendidikan merupakan salah satu masalah sosial yang terjadi dalam masyarakat, seperti saat ini banyak anak-anak membantu orang tuanya untuk mencari nafkah, hal ini disebabkan karena ketidak mampuan mereka dalam membiayai sekolah anak anak nya dan sudah pasti hal ini juga harus mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah.


4. Kenakalan Remaja





  
 Kenakalan remaja adalah suatu perbuatan yang melanggar norma, aturan, atau hukum dalam masyarakat yang dilakukan pada usia remaja atau transisi masa anak-anak menuju kedewasa.


   Kenakalan remaja meliputi semua perilaku yang menyimpang dari norma-norma hukum pidana yang dilakukan oleh remaja. Perilaku tersebut akan merugikan dirinya sendiri dan orang-orang di sekitarnya.
Jenis-Jenis Kenakalan Remaja :
  • Penyalahgunaan narkoba
  • Seks bebas
  • Tawuran antar pelajar

Adapun beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi kenakalan remaja yaitu :
-   Pandai pandai saat memilih teman
-   Meningkatkan keimanan
-   Adanya pengawasan dari orang tua

5. Kriminalitas 



   Kriminalitas adalah perilaku warga masyarakat yang bertentangan dengan norma-norma atau aturan hukum pidana. Kriminalitas yang terjadi di lingkungan masyarakat dapat diterjadi dikarenakan oleh beberapa faktor, baik dari dalam maupun luar individu nya itu sendiri. Tindakan kriminalitas yang ada di masyarakat sangat beragam bentuknya, seperti pencurian, perampokan, pembunuhan, dan lain sebagainya. Tindakan kriminalitas yang terjadi di masyarakat harus menjadi perhatian dari aparat polisi dan masyarakat sekitar. Ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk menghindari terjadinya masalah kriminalitas di lingkungan masyarakat, antara lain:


a. Peningkatan dan pemantapan aparatur penegak hukum
b. Adanya kordinasi antara aparatur penegak hukum dengan aparatur pemerintah lainnya yang saling berhubungan
c. Adanya partisipasi dalam masyarakat untuk membantu kelancaran pelaksanaan dan penanggulangan kriminalitas
d. Membuat undang undang yang dapat mengatur tindak kejahatan

Cara mengatasi masalah sosial di masyarakat antara lain :
1. Dengan meningkatkan mutu dan pemerataan pendidikan
2. Dengan meningkatkan kesadaran sosial
3. Dengan menyediakan lapangan kerja yang banyak
4. Dengan meningkatkan pemerataan pembangunan atau fasilitas publik
5. Dengan mensosialisasikan norma sosial dan nilai nilai sosial
6. Dengan memberikan sanksi yang tegas bagi yang melanggar

Referensi :
http://www.pengertianpakar.com/2015/03/pengertian-masalah-sosial-menurut-pakar.html




8 Responses to "Menganalisa Masalah Masalah Sosial di Masyarakat"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel