-->

Design Database

Dalam pembutan database terdapat beberapa tahap yang harus diperhatikan. Tahap tahap tersebut antara lain adalah


  • Pengumpulan atau analisis 
Pengumpulan atau analisis pada aplikasi yang ingin dibuat seperti data apa saja yang tersimpan pada aplikasi tersebut

  • Perancangan  konseptual

Menghasilkan skema konseptual pada DBMS independen model data tingkat tinggi seperti EER(enhanced entity relationship)model. 
EER E Ticketing



  • Pemilihan DBMS
Dalam fase yang ke-3, kita melakukan pemilihan DBMS yang akan kita gunakan untuk mengimplementasikan rancangan yang telah kita buat. Dalam kasus E Ticketing ini saya memilih menggunakan Postgre SQL

  • Perancangan Logikal
Pada tahapan ini juga bisa dilakukan normaliasi untuk melihat kesesuaian model data yang dalam mendukung transaksi yang ada. Beberapa konsep logika database yang digunakan dalam tahapan ini adalah:
  • Perancangan Fisik
Tahap ini lebih fokus pada structural database secara detail. Penyimpanan data dan hubungan pada database akan dibuat pada tahap ini. Bukan hanya structural dan hubungan data, tapi juga memperhatikan integritas data yang akan disimpan di database tersebut.







  • Impementasi
Setelah perancangan logika dan fisik lengkap,kita dapat melaksanakan sistem database.Perintah dalam DDL dan SDL(storage definition language)dari DBMS yang dipilih,dihimpun dan digunakan untuk membuat skema database dan file-file.








0 Response to "Design Database"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel