-->

Pengalaman Kerja Kelompok Softskill

   Kali ini saya mau membahas pengalaman saya dalam membuat aplikasi untuk tugas Pengenalan Teknologi Internet dan New Media. Pada minggu pertama dosen memberikan tugas untuk membuat aplikasi atau desain aplikasi untuk anak kelas 3 SD.

   Pada minggu minggu awal kelompok kami cukup kesulitan untuk menentukan ide atau rancangan seperti apa yang ingin dibuat, sehingga butuh waktu yang cukup lama untuk mendapatkan ide yang cocok untuk kriteria dari tugas yang sudah ditentukan tersebut. Hingga pada akhirnya ide2 dari kelompok kami bermunculan sehingga masing masing dari kami memiliki ide yang berbeda, sehingga pada ahirnya kami berdiskusi untuk menentukan rancangan program seperti apa yang cocok untuk tugas kelompok tersebut. Pada akhirnya kami memutuskan untuk membuat game edukasi dengan konsep tebak kata hangman yang didalam game tersebut memiliki berbagai kategori seperti  Nama Pahlawan, Budaya, Provinsi, Hewan.

   Pada kerja kelompok ini, saya salah satu yang bertanggung jawab dalam hal kodingan atau pembuatan aplikasi. Pada pembuatan aplikasi ini kami memutuskan untuk membuat aplikasi ini barbasis web dengan menggunakan Html, Javascript, Css agar bisa diakses lebih mudah dan bisa dibuka lewat perangkat apa saja. Pada pengerjaan tugas kelompok ini saya mendapatkan tantangan tersendiri karena saya hanya mengetahui dasar dari Bahasa pemrogaman tersebut sehingga harus lebih dalam mempelajari Bahasa pemrogaman nya sehingga hal ini menuntut saya untuk mengeksplor dan mencari referensi syntax syntax yang di perlukan. 
Lalu karena memang saya salah satu yang bertanggung jawab dalam pembuatan aplikasi tersebut maka saya dan teman saya mencoba membuat aplikasi nya sebagai berikut


   Setelah rancangan aplikasi nya telah dibuat maka rancangan ini saya tunjukkan ke teman teman satu kelompok saya, namun dikarenakan terlalu simple dan dinilai kurang menarik menurut kelompok kami, maka kemudian muncul ide ide baru agar tampilan nya menjadi lebih menarik dan ditambahkan petunjuk atau clue agar lebih mudah dalam menjawabnya. Maka selanjutnya rancangan aplikasi tersebut di perbarui kembali sesuai dengan ide hasil dari diskusi kami dan saya mencoba untuk membuat nya kembali seperti pada gambar berikut
                       


   Setelah sudah jadi dan ditambahkan clue berupa gambar seperti gambar diatas, kelompok saya masih kurang puas dan meminta untuk menambahkan clue lagi namun kali ini berupa tulisan dan juga menambahkan timer pada saat menjawab di game tersebut. Untuk menambahkan clue berupa tulisan maka otomatis saya pun menyetujuinya akan tetapi saya kurang menyetujui mengenai adanya timer tersebut dikarenakan menurut saya dirasa kurang pas selain itu saya masih belum membayangkan bagaiman source code untuk menambhakan timer tersebut. 

   Ketika saya mencoba untuk menambahkan clue berupa tullisan tersebut saya merasa cukup kesulitan dikarenakan tampilan dari program nya menjadi acak2an, tpi dikarenakan memang dalam membuat aplikasi ini saya tidak lah sendirian maka teman saya menemukan cara yang sesuai dan dilakukan juga beberapa perubahan dikarenakan memang sudah dikejar deadline. Dan untuk penambahan timer itu sendiri sampai saat ini masih belum bisa terwujudkan karena memang sudah dikejar deadline dan juga masih belum menemukan syntax seperti apa yang sekiranya bisa digunakan.

Hingga pada akhirnya setelah melalui proses yang begitu panjang maka selesai lah rancangan nya sebagai berikut









0 Response to "Pengalaman Kerja Kelompok Softskill"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel