Pengalaman Kerja Kelompok Softskill
Kali ini
saya mau membahas pengalaman saya dalam membuat aplikasi untuk tugas Pengenalan
Teknologi Internet dan New Media. Pada minggu pertama dosen memberikan tugas
untuk membuat aplikasi atau desain aplikasi untuk anak kelas 3 SD.
Pada minggu
minggu awal kelompok kami cukup kesulitan untuk menentukan ide atau rancangan
seperti apa yang ingin dibuat, sehingga butuh waktu yang cukup lama untuk
mendapatkan ide yang cocok untuk kriteria dari tugas yang sudah ditentukan
tersebut. Hingga pada
akhirnya ide2 dari kelompok kami bermunculan sehingga masing masing dari kami
memiliki ide yang berbeda, sehingga pada ahirnya kami berdiskusi untuk
menentukan rancangan program seperti apa yang cocok untuk tugas kelompok
tersebut. Pada akhirnya kami memutuskan untuk membuat game edukasi dengan
konsep tebak kata hangman yang didalam game tersebut memiliki berbagai
kategori seperti Nama Pahlawan, Budaya,
Provinsi, Hewan.
Pada kerja
kelompok ini, saya salah satu yang bertanggung jawab dalam hal kodingan atau
pembuatan aplikasi. Pada pembuatan aplikasi ini kami memutuskan untuk membuat
aplikasi ini barbasis web dengan menggunakan Html, Javascript, Css agar bisa
diakses lebih mudah dan bisa dibuka lewat perangkat apa saja. Pada
pengerjaan tugas kelompok ini saya mendapatkan tantangan tersendiri karena saya
hanya mengetahui dasar dari Bahasa pemrogaman tersebut sehingga harus lebih
dalam mempelajari Bahasa pemrogaman nya sehingga hal ini menuntut saya untuk
mengeksplor dan mencari referensi syntax syntax yang di perlukan.
Lalu karena
memang saya salah satu yang bertanggung jawab dalam pembuatan aplikasi tersebut
maka saya dan teman saya mencoba membuat aplikasi nya sebagai berikut
Setelah
rancangan aplikasi nya telah dibuat maka rancangan ini saya tunjukkan ke teman
teman satu kelompok saya, namun dikarenakan terlalu simple dan dinilai kurang menarik menurut kelompok kami, maka kemudian muncul ide ide baru agar tampilan nya menjadi lebih menarik dan
ditambahkan petunjuk atau clue agar lebih mudah dalam menjawabnya. Maka
selanjutnya rancangan aplikasi tersebut di perbarui kembali sesuai dengan ide
hasil dari diskusi kami dan saya mencoba untuk membuat nya kembali seperti pada
gambar berikut
Setelah
sudah jadi dan ditambahkan clue berupa gambar seperti gambar diatas, kelompok saya masih kurang puas dan meminta
untuk menambahkan clue lagi namun kali ini berupa tulisan dan juga menambahkan timer pada saat menjawab di game tersebut. Untuk menambahkan clue berupa tulisan maka otomatis saya
pun menyetujuinya akan tetapi saya kurang menyetujui mengenai adanya timer tersebut dikarenakan menurut saya dirasa kurang pas selain itu saya masih belum membayangkan bagaiman source code untuk menambhakan timer tersebut.
Ketika saya mencoba untuk menambahkan clue berupa tullisan tersebut saya merasa cukup kesulitan dikarenakan tampilan dari program nya menjadi acak2an, tpi dikarenakan memang dalam membuat aplikasi ini saya tidak lah sendirian maka teman saya menemukan cara yang sesuai dan dilakukan juga beberapa perubahan dikarenakan memang sudah dikejar deadline. Dan untuk penambahan timer itu sendiri sampai saat ini masih belum bisa terwujudkan karena memang sudah dikejar deadline dan juga masih belum menemukan syntax seperti apa yang sekiranya bisa digunakan.
Ketika saya mencoba untuk menambahkan clue berupa tullisan tersebut saya merasa cukup kesulitan dikarenakan tampilan dari program nya menjadi acak2an, tpi dikarenakan memang dalam membuat aplikasi ini saya tidak lah sendirian maka teman saya menemukan cara yang sesuai dan dilakukan juga beberapa perubahan dikarenakan memang sudah dikejar deadline. Dan untuk penambahan timer itu sendiri sampai saat ini masih belum bisa terwujudkan karena memang sudah dikejar deadline dan juga masih belum menemukan syntax seperti apa yang sekiranya bisa digunakan.
Hingga pada
akhirnya setelah melalui proses yang begitu panjang maka selesai lah rancangan
nya sebagai berikut
0 Response to "Pengalaman Kerja Kelompok Softskill"
Post a Comment