-->

Security Database

Keamanan database adalah suatu cara untuk melindungi database dari ancaman, baik dalam bentuk kesengajaan atau pun bukan. Agar memiliki suatu keamanan yang efektif dibutuhkan kontrol yang tepat. Seseorang yang mempunyai hak untuk mengontrol dan mengatur database biasanya disebut Administrator database. Seorang administratorlah yang memegang peranan penting pada suatu sistem database, oleh karena itu administrator harus mempunyai kemampuan dan pengetahuan yang cukup agar dapat mengatur suatu sistem database. 

Tujuan Keamanan Database
  • Secrecy/Confidentiality: Informasi tidak boleh diungkapkan kepada pengguna yang tidak sah. Sebagai contoh, Siswa seharusnya tidak diperbolehkan untuk memeriksa nilai siswa lainnya.
  • Integrity: Hanya pengguna berwenang yang diizinkan untuk memodifikasi data. Sebagai contoh, guru mata pelajaran lain mungkin diperbolehkan untuk melihat nilai, namun tidak diperbolehkan (jelas) untuk memodifikasi mereka.
  • Availability: Pengguna yang terdaftar tidak boleh ditolak akses. Sebagai contoh, seorang instruktur yang ingin mengubah kelas harus diizinkan untuk melakukannya

Kategori keamanan database


  • Akses Kontrol
Akses kontrol mendasar pada pemberian atau pengambilan privilege (akses) ke dalam suatu database system. Privilege diberikan kepada user tanpa harus memberi akses penuh ke dalam suatu database. Akses tertentu hanya boleh diberikan jika suatu pekerja tidak mampu melaksanakan pekerjaan atau tugasnya tanpa akses tersebut. 
  • View
Penggunaan view sering juga dipakai untuk menyembunyikan atribut tertentu dari suatu database. Dengan menggunakan fungsi View, suatu organisasi dapat mnyembunyikan data sensitif tanpa sepengetahuan user.
  • Backup
Keamanan database yang baik pasti memiliki backup atau recovery system untuk mengantisipasi hal yang tidak bisa dihindarkan. DBMS dapat membuat kopian dari database secara periodik dan disimpan secara berkala. Hal ini dilakukan agar jika terjadi kegagalan sistem yang menyebabkan data hilang, user atau admin dapat dengan mudah mengembalikan kembali data yang hilang.
  • Enkripsi
Enkripsi data melindungi data sensitif yang ada di dalam suatu database. Data yang terenkripsi tergolong lebih aman dari ancaman dari pihak luar. Namun untuk mengakses data tersebut, DBMS perlu memecahkan kode enkripsi sehingga performa dari database system dapat berkurang.


0 Response to "Security Database"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel